Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contoh Indeks

Bahasa dan Sastra -  Apa yang dimaksud dengan Indeks? kali ini kita akan membahas mengenai pengertian Indeks , ciri-ciri, Tujuan Index, dan juga Contoh Indeks. Pada buku-buku pelajaran dan pengetahuan umum, biasanya di bagian akhir kita akan menemukan halaman indeks. Indeks berguna untuk memudahkan pembaca mencari nama dan juga istilah yang ada dalam buku tersebut. Jadi, jika seseorang ingin memeriksa istilah tertentu dalam buku, orang itu cukup membuka halaman indeks, kemudian tinggal mencari letak halaman tentang istilah yang ingin ditemukan tersebut. Untuk lebih jelasnya kita akan membahasnya.

Pengertian Indeks pada Buku


pengertian index pada buku

Indeks adalah daftar kata atau istilah penting yang terdapat pada bagian akhir buku, tersusun bedasarkan abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan (KBBI: 2000).

Indeks adalah daftar kata atau frasa (tajuk) dan terkait dengan petunjuk (locator) pada bahan yang bermanfaat mengenai tajuk yang dapat ditemukan dalam dokumen. ( Widyawan, Rosa. Pelayanan Referensi : Berawal Dari Senyuman. Bandung. Bahtera Ilmu, 2012 .Hal. 115.)

Indeks berasal dari bahasa latin “indicare” = menunjukkan tempat, maka indeks adalah alat atau sarana penunjukkan tempat dimana informasi dapat ditemukan.Indeks merupakan daftar susunan kata-kata yang disusun berdasarkan alphabetis  

Istilah lain dari indeks biasanya disebut juga Penjurus. Selain disusun secara urut berdasarkan abjad, indeks juga dilengkapi dengan nomor halaman yang memberikan keterangan lokasi halaman yang mengandung kata  tersebut.

Jenis-jenis Index di Buku

Ada beberapa jenis indeks, diantaranya :
a. Indeks Nama Diri(Pengarang) atau Tokoh
Sama halnya dengan menyusun daftar pustaka, nama orang dalam indeks nama penulisannya tidak dibalik. Akan tetapi, untuk nama orang asing penulisannya dibalik.
b. Indeks Istilah (Topik, Istilah, Subjek)
Pada umumnya, yang dimasukkan dalam indeks topik adalah istilah-istilah yang berhubungan dengan isi buku yang bersangkutan. Jadi, jika buku itu mengenai ilmu bahasa, yang dimasukkan dalam indeks adalah istilah-istilah ilmu bahasa.
c. Indeks Nama tempat dan Organisasi

Tujuan dari Indeks adalah untuk memundahkan pembaca mendapatkan informasi dan memahami informasi lebih kuas atau lebih rinci.

Ciri -ciri Halaman indeks :
1. Kata atau istilah disusun secara alfabetis (menurut abjad A-Z).
2. Sebelah kanan halaman indeks menunjukkan letak kata atau istilah digunakan. Semakin sering digunakan, semakin banyak nomor halaman yang ditulis.
3. Halaman indeks tidak mencantumkan makna kata, tetapi hanya menunjukkan letak atau halaman istilah itu digunakan.
4. Apabila diikuti dengan beberapa kata, biasanya diletakkan di bawah kata pokok ditulis menjorok lebih kurang 1 cm.


Contoh Indeks

Berikut sekilas mengenai bentuk dari contoh indeks

INDEKS

A
Abernathy, Rob. 137
afirmasi: poster, 69; dampak, 28-30
alami : definisi, 10; mempraktikkan,90
alat bantu, 70
alfa, Keadaan, 173-175
Allen, Carole, 48,53
apologi empat-bagian, 203-204


B
Bandler, Richard, 4, 84
Bandura, Albert, 20
barok, musik, 73-75
belajar: pemercepatan, 5;
bercerita, 187-188
berpikir linguistik-verbal, 97


C
Cain, Geoggrrey, 156
Catatan Cornell, 178
catatan: TS, 178-180
Csikszentmihalyi,Mihaly, 23

Lihat Juga Ciri-ciri dan Contoh Hikayat

Demikian mengenai Cara membuat Indeks Buku, dan juga pengertian Indeks. Semoga bermanfaat. Salam.

0 komentar:

Artikel Terkait Lainnya:

Diberdayakan oleh Blogger.